Bagaimana Cara Mengatasi Alergi yang Benar?

Bagaimana saya tahu apa yang saya alergi kanUntuk mengetahui apa yang Anda alergi kan, dokter Anda akan melakukan pemeriksaan fisik dan akan menanyakan gejala Anda dan kapan itu terjadi. Dokter Anda mungkin juga akan melakukan tes alergi kulit untuk membantu menentukan dengan pasti apa yang menyebabkan alergi Anda.

Tes kulit alergi dilakukan dengan cara memberi sedikit alergen ke kulit Anda untuk melihat mana reaksi Anda. Begitu diketahui alergi mana yang dimiliki oleh Anda, barulah dokter Anda bisa memutuskan pengobatan terbaik. Dokter Anda mungkin juga memutuskan untuk melakukan tes darah, misalnya seperti tes sorbensi alergen radio (biasa disebut RAST).

Cara Mengatasi Alergi

Bagaimana Cara Mengatasi Alergi yang Benar

Bagaimana Cara Mengatasi Alergi yang Benar

Pencegahan Alergi

Bagaimana saya bisa menghindari alergen?

  • Mandi sebelum tidur untuk mencuci alergen lain yang menempel di rambut dan kulit Anda. Hindari pergi keluar, terutama pada hari yang kering dan berangin. Jaga agar jendela dan pintu tertutup, lalu gunakan AC di rumah dan di mobil Anda.
  • Anda bisa mengurangi jumlah debu di rumah Anda dengan mengeluarkan tanaman hias dan dengan sering membersihkan tirai shower, jendela kamar mandi, dinding yang lembab, daerah kering dan tong sampah dalam ruangan.

Gunakan campuran air dan pemutih klorin untuk membunuh jamur. Buka pintu dan jendela dan gunakan kipas angin untuk meningkatkan pergerakan udara dan membantu mencegah jamur.

  • Kurangi kelembaban di rumah Anda hingga 50% atau kurang juga bisa membantu Anda untuk menghindari Alergi. Anda dapat mengontrol kualitas udara rumah Anda dengan menggunakan dehumidifier, kemudian menjaga suhu pada suhu 70 derajat, dan membersihkan atau mengganti saringan partikel kecil di sistem udara rumah
  • Jika Anda merupakan seorang pemelihara hewan, dan alergi yang Anda alami cukup parah, Anda mungkin perlu menahan hewan peliharaan Anda di luar. Kucing atau bulu anjing sering mengumpulkan debu di rumah dan memakan waktu 4 minggu atau lebih untuk mereda.
  Apa itu Amenore? Bagaimana Penyebab dan Pengobatannya?

Namun, ada beberapa cara untuk mengurangi jumlah kotoran hewan peliharaan di rumah Anda. Yaitu menggunakan tempat tidur tahan alergen, sering memandikan hewan peliharaan Anda, dan menggunakan saringan udara dapat membantu mengurangi alergen yang ditimbulkan oleh hewan peliharaan Anda. Kemudian Anda juga dapat meminta dokter hewan Anda cara lain untuk mengurangi kotoran hewan peliharaan di rumah Anda.

  • Kurangi atau berantas Kutu debu di rumah Anda, lepaskan tirai, bantal bulu, perabotan berlapis kain, dan selimut yang tidak bisa dicuci. Ganti karpet dengan linoleum atau kayu.

Pel lantai dengan lap basah dan lap dengan kain lembab. Vakum secara teratur dengan mesin yang memiliki filter partikulat dengan efisiensi tinggi (HEPA). Pasang pembersih udara dengan saringan partikulat atau efisiensi tinggi.

Cuci karpet dan pelapis dengan pembersih khusus, seperti benzyl benzoate atau semprotan asam. Cuci semua tempat tidur dengan air panas (lebih panas dari 130 ° F) setiap 7 sampai 10 hari. Jangan gunakan bantalan kasur. Tutup kasur dan bantal dengan penutup plastik. Turunkan kelembaban di rumah Anda dengan menggunakan dehumidifier.

Pengobatan Alergi

Beberapa obat bisa digunakan untuk mengobati alergi. Dokter Anda akan membantu Anda menentukan obat apa yang terbaik untuk Anda tergantung pada gejala, usia dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Obat-obatan ini lebih bermanfaat jika Anda menggunakannya sebelum terkena alergen.

  1. Antihistamin
  Apa itu Anafilaksis? Bagaimana Penyebab dan Pengobatannya?

Antihistamin membantu mengurangi bersin, pilek dan gatal alergi. Antihistamin lebih bermanfaat jika Anda menggunakannya sebelum terkena alergen. Beberapa antihistamin masuk dalam bentuk pildan beberapa diantaranya adalah semprotan hidung.

Beberapa Antihistamin dapat menyebabkan kantuk dan mulut kering. Yang lainnya cenderung menyebabkan efek samping, namun beberapa di antaranya memerlukan resep. Tanyakan kepada dokter Anda jenis mana yang terbaik untuk Anda.

  1. Dekongestan

Dekongestanseperti pseudoephedrine dan phenylephrine, membantu sementara menghilangkan hidung tersumbat alergis. Dekongestan ditemukan di banyak obat dan biasa diberikan dalam bentuk pil, semprotan hidung dan tetes hidung. Perlu Anda ketahui, obat ini hanya dapat digunakan untuk waktu yang singkat.

Spray atau semprotan dan tetes hidung tidak boleh digunakan lebih dari 3 hari karena dapat membuat Anda menjadi tergantung. Hal ini dapat menyebabkan Anda merasa sulit berhenti saat Anda mencoba ingin berhenti menggunakannya.

Anda bisa membeli dekongestan tanpa resep dokter. Namun, dekongestan dapat meningkatkan tekanan darah Anda, jadi sebaiknya Anda berbicara dengan dokter Anda sebelum menggunakannya, terutama jika Anda memiliki tekanan darah tinggi.

  1. Cromolyn Sodium

Cromolyn Sodium adalah semprotan hidung yang membantu mencegah reaksi tubuh terhadap alergen. Natrium Cromolyn lebih bermanfaat jika Anda menggunakannya sebelum terkena alergen. Obat ini bisa memakan waktu 2 sampai 4 minggu untuk mulai bekerja. Ini tersedia tanpa resep.

  1. Semprotan Steroid
  Ternyata Minum 8 Gelas Air Putih Setiap Hari Berbahaya, Benarkah?

Semprotan Steroid berfungsi untuk mengurangi reaksi jaringan hidung terhadap alergen yang dihirup. Ini membantu meringankan pembengkakan di hidung. Semprotan steroid ini adalah yang paling efektif dalam menyembuhkan pasien yang memiliki gejala kronis. Semprotan steroid hidung tersedia dengan resep dari dokter. Anda tidak akan mendapatkan perbedaan sampai 2 minggu setelah menggunakannya.

  1. Obat tetes mata

Jika obat-obatan Anda yang lain tidak cukup membantu Anda yang memiliki alergi pada mata seperti mata gatal dan berair, dokter mungkin meresepkan obat tetes mata khusus untuk Anda.

  1. Suntikan Alergi

Suntikan Alergiatau tablet sublingual (juga disebut imunoterapi) merupakan pilihan bagi orang yang mencoba pengobatan lain namun tetap memiliki gejala alergi. Tembakan atau tablet yang mudah larut ini mengandung sejumlah kecil alergen. Mereka diberi jadwal reguler sehingga tubuh Anda terbiasa dengan alergen dan tidak bereaksi berlebihan lagi pada mereka. Ini membantu mengurangi sensitivitas tubuh terhadap alergen. Seiring waktu, gejala alergi Anda akan menjadi berkurang.

Alergi suntikan atau tablet sublingual hanya digunakan bila alergen yang Anda gunakan dapat diidentifikasi dan kapan Anda tidak dapat menghindarinya. Dibutuhkan beberapa bulan sampai bertahun-tahun untuk menyelesaikan perawatan, dan Anda mungkin perlu menjalani perawatan sepanjang hidup Anda.

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara mengatasi alergi yang benar, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan dapat memberikan wawasan.

Bagaimana Cara Mengatasi Alergi yang Benar? | admin | 4.5